Selasa, 11 Maret 2014

KANDUNGAN MAKNA LAA ILAAHA ILLALLAAH


Muqodimah

Syahadatain begitu berat diperjuangkan oleh para sahabat, 
bahkan mereka siap dan tidak takut terhadap segala ancaman kafir. 
Sahabat nabi, misalnya Habib berani menghadapi siksaan dari 
Musailamah yang memotong tubuhnya satu persatu, 
Bilal bin Rabah tahan menerima himpitan batu besar 
di tengah hari dan sederet nama lainnya. 
Mereka mempertahankan syahadatain.




Muncullah pertanyaan kenapa mereka bersedia dan berani 
mempertahankan kalimah syahadat? Ini disebabkan karena kalimah 
syahadat mengandung makna yang sangat mendalam bagi mereka. 
Syahadat bagi mereka mempunyai arti yang sebenarnya mencakup 
pengertian ikrar, sumpah dan janji. Mayoritas umat Islam 
mengartikan syahadat sebagai ikrar saja.

Apabila mereka tahu bahwa syahadat juga mengandung arti 
sumpah dan janji, serta tahu bahwa akibat janji dan sumpah, 
maka mereka akan benar-benar mengamalkan Islam dan beriman. 
Iman sebagai dasar dan juga hasil dari pengertian syahadat yang betul. 
Iman secara lisan oleh mulut, 

juga diyakini oleh hati dan diamalkan dalam perbuatan sebagai 
pengertian yang sebenarnya dari iman. Apabila kita mengamalkan 
syahadat dan mendasarinya dengan iman yang konsisten dan istiqamah, 
maka beberapa hasil akan dirasakan seperti keberanian, 
ketenangan dan optimis menjalani kehidupan. Kemudian Allah Swt 
memberikan kebahagiaan kepada mereka di dunia dan di akhirat.

Kandungan Kalimat Syahadat :

Pernyataan (al-Iqraaru), yaitu suatu pernyataan seorang 
muslim mengenai keyakinannya. Pernyataan ini sangat kuat karena 
didukung oleh Allah, Malaikat dan orang-orang yang berilmu 
(para nabi dan orang yang beriman). 
Hasil dari ikrar ini adalah kewajiban kita untuk menegakkan 
dan memperjuangkan apa yang diikrarkan.

Sumpah (al-Qasamu), yaitu pernyataan kesediaan 
menerima akibat dan resiko apapun dalam mengamalkan syahadat. 
Muslim yang mengucapkan syahadat berarti siap dan bertanggung-jawab 
dalam tegaknya Islam. Pelanggaran terhadap sumpah ini adalah 
kemunafikan dan tempat orang munafik adalah neraka jahanam.

Beberapa ciri orang yang melanggar sumpah adalah dengan 
memberikan wala’ kepada orang-orang kafir, memperolok ayat-ayat 
Allah, malas dalam sholat dan tidak punya pendirian.

Perjanjian yang teguh (al-Miitsasqu), yaitu janji setia untuk 
mendengar dan taat dalam segala keadaan terhadap semua perintah 
Allah yang terkandung dalam Kitabullah maupun Sunnah Rasul.

Syahadat adalah mitsaq yang harus diterima dengan sikap 
sam’an wa tho’atan dan didasari dengan iman kepada Allah, Malaikat, 
Kitab-Nya, Rasul-Nya, hari akhir dan qadar baik maupun buruk.

Dalil:
Ø Q.3: 18, syahadat yang berarti ikrar dari Allah, Malaikat dan 
orang-orang yang berilmu tentang Laa ilaha illa Allah. Q.7: 172, 
ikrar tentang Rububiyatullah manusia merupakan alasan 
bagi ikrar tentang keesaan Allah.
Q.3: 81, ikrar para nabi mengakui kerasulan Muhammad Saw 
meskipun mereka hidup sebelum kedatangan Rasulullah Saw.
Ø Q.63: 1-2, syahadat berarti sumpah. Orang-orang munafiq 
berlebihan dalam pernyataan syahadatnya, 
padahal mereka tidak lebih sebagai pendusta.
Q.4: 138-145, beberapa ciri orang yang melanggar 
sumpahnya yaitu memberikan wala kepada orang-orang kafir, 
memperolok-olok ayat Allah, mencari kesempatan dalam 
 kesempitan kaum muslimin, menunggu-nunggu kesalahan 
kaum muslimin,malas dalam sholat dan tidak punya pendirian.
Orang-orang mukmin yang sumpahnya teguh tidak akan 
bersifat seperti tersebut. 

 Q.5: 7, 2: 285, syahadat adalah mitsaq yang harus 
diterima dengan sikap sam’an wa tha’atan didasari dengan
 iman yang sebenarnya terhadap Allah, Malaikat, Kitab-kitab,
 Rasul-rasul, Hari Akhir dan Qadar baik maupun buruk. 
Q.2: 93, pelanggaran terhadap mitsaq ini berakibat laknat
 Allah seperti yang pernah terjadi pada orang-orang Yahudi.

Jadi seseorang yang bersyahadat harus didasari dengan :

Iman.
Syahadah yang dinyatakan seorang muslim penuh kesadaran 
sebagai sumpah dan janji setia ini merupakan ruh iman, yaitu:
Ucapan (al-Qauluyang senantiasa sesuai dengan
 isi hatinya yang suci. Perkataan maupun kalimat yang keluar 
dari lidahnya yang baik serta mengandung hikmah. 
Syahadah diucapkan dengan penuh kebanggaan iman 
(isti’la-ul iman
berangkat dari semangat isyhadu biannaa muslimin

Membenarkan (at-Tashdiiqudengan hati tanpa keraguan. 
Yaitu sikap keyakinan dan penerimaan dengan tanpa 
rasa keberatan atau pilihan lain terhadap 
apa yang didatangkan Allah.

Perbuatan (al-’Amaluyang termotivasi dari hati yang 
ikhlas dan kefahaman terhadap maksud-maksud aturan Allah.
 Amal merupakan cerminan dari kesucian hati dan upaya 
untuk mencari ridha Ilahi. Amal yang menunjukkan sikap 
mental dan moral Islami yang dapat dijadikan teladan.

Ketiga perkara diatas tidak terpisahkan sama sekali. 
Seorang muslim yang tidak membenarkan ajaran Allah dalam 
hatinya bahkan membencinya, meskipun kelihatan mengamalkan 
sebagian ajaran Islam adalah munafiq I’tiqadi yang terlaknat. 
Muslim yang meyakinikebenaran ajaran Islam dan menyatakan 
syahadatnya dengan lisan tetapi tidak mengamalkan 
dalam kehidupan adalah munafiq amali. 
Sifat nifaq dapat terjadi sementara terhadap seorang muslim 
oleh karena berdusta, menyalahi janji atau berkhianat.

Dalil:
Ø Q.49: 15, 4: 65, 33: 36, Iman adalah keyakinan tanpa 
keraguan, penerimaan menyeluruh tanpa rasa keberatan, 
kepercayaan tanpa pilihan lain terhadap semua keputusan Allah. 
Q.3: 64, sikap hidup yang merupakan cermin identitas Islam.

Ø Q.4: 123-125, Iman bukanlah hanya angan-angan, 
tetapi sesuatu yang tertanam di dalam hati dan harus diamalkan 
dalam bentuk praktikal. Amal yang dikerjakan harus merupakan
amal sholeh yang dilakukan dengan ihsan dan penyerahan 
yang sempurna kepada kehendak Allah. 
Dalam melakukan amal tersebut, 
seorang mukmin merasa dikawal oleh Allah Swt.

Ø Q.2: 80, diantara kekeliruan ummat Islam adalah 
mencontoh sikap Yahudi. Misalnya merasa bahwa neraka 
merupakan siksaan yang sebentar sehingga tidak apa 
memasukinya. Atau mereka merasa akan masuk surga 
semata-mata karena imannya sehingga 
tidak perlu beramal sholeh lagi.

Ø Q.2: 8, 63: 1-2, 48: 11, Ucapan lisan tanpa 
membenarkan dengan hati adalah sikap nifaq I’tiqadi. 
Berbicara dengan mulutnya sesuatu yang 
tidak ada dalam hatinya.
Hadits. Tanda-tanda munafiq ada tiga. 
Jika salah satu ada pada seseorang, 
maka ia merupakan munafiq sebahagian. 
Bila keseluruhannya ada, maka ia munafiq yang 
sesungguhnya yaitu: bila berbicara ia berdusta, 
bila berjanji mengingkari, dan bila diberi amanah ia berkhianat. 
Ketiga tanda ini termasuk jenis munafiq amali.

Ø Imam Hasan Basri berkata, “Iman bukanlah angan-angan, 
bukan pula sekedar hiasan, tetapi keyakinan yang hidup di dalam 
hati dan dibuktikan dalam amal perbuatan”.


Konsisten (al-Istiqaamah)
Keimanan seorang muslim yang mencakup tiga unsur 
di atas mesti selalu dipelihara dan dijaga dengan sikap istiqamah. 
Istiqamah adalah konsisten, tetap dan teguh. Tetap pada pendirian, 
tidak berubah dan tahan uji. Sikap istiqamah akan melahirkan 
tiga hal yang merupakan ciri orang-orang 
beriman sempurna, yaitu:

Syajaah (keberanian), muncul karena keyakinan sebagai 
hamba Allah yang selalu dibela dan didukung Allah. 
Tidak takut menghadapi tantangan hidup, siap berjuang untuk 
tegaknya yang haq (benar). Keberanian juga bersumber kepada 
keyakinan terhadap qadha dan qadar Allah yang pasti. 
Tidak takut pada kematian karena kematian di jalan Allah 
merupakan anugerah yang selalu dirindukannya.

Itmi’nan (ketenangan) berasal dari keyakinan 
terhadap perlindungan Allah yang memelihara orang-orang 
mukmin secara lahir dan batin. Dengan senantiasa ingat 
pada Allah dan selalu berpanduan kepada petunjukNya 
(kitabullah dan sunnah), maka ketenangan 
akan selalu hidup di dalam hatinya.

Tafaul (optimis), meyakini bahwa masa depan 
adalah milik orang-orang yang beriman. Kemenangan 
ummat Islam dan kehancuran kaum kufar sudah pasti. 
Mukmin menyadari bahwa amal perbuatan yang dilakukannya 
tidak akan sia-sia, melainkan pasti dibalas Allah dengan 
pembalasan yang sempurna.

Dalil:
Ø Q.11: 112-113, istiqamah artinya tidak menyimpang atau
 cenderung pada kekufuran. Q.17: 73-74, istiqamah tetap teguh,
 tahan dan kuat dalam menghadapi dan melaksanakan perintah Allah. 
Q.42: 15, terus berjuang menyampaikan ajaran Allah dengan 
tidak mengikuti hawa nafsu. 

Hadits: Abi Amr atau Abi Amrah Sofyan bin Abdillah,
 ia berkata: “aku berkata: Wahai Rasulullah katakanlah kepadaku 
tentang suatu perkataan yang aku tak akan dapat menanyakannya 
kepada seseorang kecuali kepadamu’. Bersabdalah Rasulullah, 
katakanlah: aku telah beriman kepada Allah, 
kemudian berlaku istiqamahlah kamu”. 
(HR. Muslim).

Ø Q.41: 30-32, orang yang istiqamah akan didukung oleh 
Malaikat yang akan menjadikannya berani, tenang dan optimis. 
Q.9: 52, sumber keyakinan tentang qadha dan qadar yang 
menimbulkan keberanian, kecelakaan atau kemudharatan 
hanyalah ketentuan Allah belaka.

Q.3: 157-158, kemuliaan merupakan anugerah Allah 
bagi orang-orang mukmin sehingga mereka tidak takut 
menyampaikan risalahkebenaran, lihat Q.33: 39.

Ø Q.13: 28, ketenangan dapat diperoleh dengan mengingat Allah. 
Q.47: 7, 3: 173, 33: 23, ketenangan yang diperoleh karena 
tawakkal terhadap janji perlindungan Allah yang pasti sehingga 
timbul pula keberanian menghadapi musuh. Ibnu Taimiyah berkata, 
“apa yang hendak dilakukan musuh-musuhku terhadapku?
Sesungguhnya surga aku terletak dihatiku. 
Dimanapun aku berada ia selalu bersamaku. 
Sesungguhnya kematianku adalah syahid. 
Penjaraku adalah rasa manis, sedangkan 
mengusirku bagiku adalah travelling.

Ibnu Qayyim mengambil perkataan seorang alim 
“sesungguhnya kita berada dalam kelezatan (hati) 
yang seandainya anak-anak raja mengetahuinya tentu 
mereka ingin mengambilnya dengan pedang-pedang mereka.
Ø Q.3: 160, optimis bahwa dengan pertolongan Allah tak 
akan ada yang dapat mengalahkan. 

Q.33: 22-23, contoh optimis para sahabat Rasul di perang Ahzab. 
Hadits, Rasulullah yakin akan mengalahkan Rumawi dan Parsi 
dengan menjanjikan kepada Saraqah bin Malik akan memberikan 
gelang dan mahkota Parsi dengan keislamannya. 
Hal ini kemudian terbukti dengan kemenangan
 kaum muslimin dalam perang Qadissiyya.

Assa’adah (Kebahagiaan)
Ketiga hasil istiqamah tadi akan membuat kebahagiaan bagi 
orang yang memilikinya. Jadi hanya syahadat sejati yang dapat 
menimbulkan sa’adah. Hanya Islam dengan konsep syahadat
yang dapat memberikan kebahagiaan kepada manusia 
di dunia maupun di akhirat.

Dalil:
Al-Qur’an banyak menyebutkan bahwa orang beriman 
akan mendapatkan kebahagiaan atau hasanah 
di dunia ataupun di akhirat


Sumber:
Buku Kepribadian Muslim, Irwan Prayitno



Tidak ada komentar: